ArtikelBerita Umum

Dampak Manusia dan Komunikasi Massa

316
×

Dampak Manusia dan Komunikasi Massa

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi sosial media. Foto: Shutter Stock

Fikom News – Dunia teknologi komunikasi tidak ada hentinya jika menyangkut soal perkembangannya, dengan hadirnya internet pada saat ini menyampaikan sebuah pesan bahkan bisa terjadi dalam sekejap dengan lingkup hampir seluruh dunia.

Tidak hanya dalam aspek kecepatan dan jangkauannya, fungsi hingga dampaknya juga ikut berkembang seiringan dengan dua aspek yang utama tersebut. Media komunikasi zaman sekarang bahkan bisa mengatur tren sosial secara mudah dengan skala masif, banyak hal-hal lain pula yang bisa terjadi pada saat ini melalui komunikasi.

Dengan kemampuan yang sudah serba bisa, komunikasi massa terutama berbasis internet melalui media sosial juga bisa digunakan untuk banyak hal lain.
Ilustrasi sosial media. Foto: Shutter Stock

Dari kegunaannya sebagai penyiaran berita untuk keperluan jurnalistik, pada politik sebagai sebagai penyampaian suara dan aspirasi, bahkan bisa digunakan sebagai media promosi dan berdagang untuk keperluan komersil. Orang-orang bahkan bisa saling berkenalan dan berbincang akrab dengan orang di belahan dunia lain melalui media tersebut.

Dengan penggunaan yang cukup sederhana hal-hal seperti di atas sudah bukan mustahil lagi, apalagi jangkauan informasinya bisa mencapai seluruh dunia. Untuk manajemen sendiri tidaklah sesulit yang dikira untuk mengatur alur informasi secara masal, fungsi seperti pencatatan otomatis data riwayat komunikasi, pengaturan saluran komunikasi, hingga pelacakan pesan ada untuk mempermudah pengelolaan komunikasi masal.
Semua orang dari segala umur juga bisa memakai komunikasi masal pada zaman ini, tidak lepas suku bangsa pula mereka menyambut baik adanya kemajuan ini. Mereka bisa menyalurkan apa yang mereka mau, ingin suaranya di dengar, menunjukkan kekreativitasannya, dan banyak lagi dampak positif dari adanya modernisasi komunikasi.
Semua potensi positif di atas tentu saja juga balik ke manusia sendiri itulah yang menjalakannya dan menentukan arah selanjutnya dari perkembangannya. Semua itu tak lepas pula dengan para oknum jahat yang mencoba mengambil kesempatan untuk berlaku buruk melalui jalur komunikasi massa. Dari sekedar mencela hingga bisa berujung pada kerugian besar juga bisa terjadi akibat dari salah penggunaan dari komunikasi massa.
Tidak jauh berbeda dengan masa lampau, mereka juga bisa menggunakannya sebagai alat untuk memanipulasi orang-orang dengan berita bohong, ujaran kebencian, dan fitnah. Sasarannya bukan hanya untuk sekedar membuat orang lain salah paham, orang yang jadi korban kejahatan ini bahkan bisa langsung tercoreng nama baiknya dengan waktu yang singkat.
Belum lagi orang yang dengan sengaja mengunggah dan menyebarkan konten tidak baik, ini juga sama berbahayanya mengingat bahwa hampir seluruh kalangan usia sudah bisa melihat dan menggunakan komunikasi massa yang sekarang. Skenario terparahnya adalah para penipu juga peretas yang siap memangsa para pengguna yang lalai, mereka tidak segan mengambil informasi pribadi dan menjualnya untuk keuntungan sendiri atau untuk kebutuhan seperti teror didunia maya.
Pengguna komunikasi massa pada zaman yang maju ini pun dituntut untuk bisa lebih hati-hati dan bijak dalam menggunakannya. Apalagi dengan fungsi pelacakan tadi, baik atau tidak orang yang menggunakannya kita tidak bisa sembarangan berselancar dan secara tidak tanggung jawab menyebarkan suatu informasi secara masal.
Terlepas dari semua dampak eksternal, efek kepada diri sendiri pun juga bisa beragam tergantung pada kebijakkannya dalam berkomunikasi. Akankah termotivasi dan menjadikannya sebagai alat untuk mempermudah kebutuhan komunikasi atau terjerumus masuk ke dalam lingkaran kriminalitas internet. Semua yang negatif ini tentu saja harus segera disingkirkan demi menjaga ketertiban berkomunikasi serta mengingat pentingnya manusia harus mengembangkan teknologi komunikasi ke arah yang benar.
Dikutip dari:
Nurul, Fatmawati. 2021. Pengaruh Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Masyarakat. Semarang: Kemenkeu
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-semarang/baca-artikel/14366/Pengaruh-Positif-dan-Negatif-Media-Sosial-Terhadap-Masyarakat.html
Ditulis oleh:
Nova Aditya Muhamad Ramadan
Jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »