Berita Universitas

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurahman Hadir di Fikom Podcast Unitomo

253
×

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurahman Hadir di Fikom Podcast Unitomo

Sebarkan artikel ini

Fikom Unitomo News – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberi kuliah umum bela negara di Universitas Dr Soetomo (Unitomo) Surabaya dalam rangkaian Dies Natalis Unitomo ke 41, Sabtu (21/5/2022).

Kuliah umum tersebut bertema “Membangun Kebersamaan Dalam Keberagaman” (Building Togetherness in Diversity). Agenda ini diikuti sekitar 250 mahasiswa dan dosen berbagai fakultas yang ada di Unitomo.

“Kehadiran Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Republik Indonesia di Kampus Unitomo mendapat perhatian penuh dari civitas akademika Unitomo. Disambut dengan tarian dari kepulauan Aru, Maluku kawasan Indonesia Timur yang menyimbolkan Unitomo sebagai kampus kebangsaan dan kerakyatan, begitu masuk ke ruang aula Ki H. Mohamad Saleh lantai V gedung F, di iringi dengan salawat badar dari siswa SMA Dr. Soetomo tidak ubahnya seorang pahlawan yang baru pulang perang membawa kemenangan.”

Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.H, M.M. diminta kehadirannya oleh Rektor Unitomo Dr. Siti Marwiyah, S.H,. M.H. untuk memberi pembekalan kepada mahasiswa calon peserta KKN tematik tentang Bela Negara. Dudung menegaskan bahwa perkembangan teknologi mendorong pola kehidupan sosial berubah secara drastis. Mengutip pendapat pakar hiper realitas Dudung menyatakan bahwa apa yang dianggap benar oleh masyarakat belum tentu kebenaran sejati karena apa yang dianggap realitas sebenarnya hanya bentukan dari informasi yang diproduksi secara berulang. Seringkali kebenaran itu hanya hoax semata, tambahnya.

“Karena itu masyarakat harus bersikap kritis terhadap realitas. Informasi hoax justru seringkali menjadi faktor destruktif yang dapat memecah belah, mengancam persatuan dan kesatuan bangsa. Literasi digital harus ditingkatkan untuk menciptakan imunitas sosial dari ancaman desintegrasi bangsa,” ujar Jenderal TNI Dudung.

Setelah memberi kuliah umum, Jenderal TNI Dudung menuju ke laboratorium Podcast dan penyiaran Fikom Unitomo untuk talkshow yang disambut kehadirannya oleh Dekan Fikom, Dr. Harliantara dan para civitas Fikom. untuk  selanjutnya menuju ruangan Podcast di dampingi oleh Rektor Unitomo, D.r Siti Marwiyah, S.H., M.H. dan Ibu Cantik Jelita sebagai Host.

Saat Podcast Kasad Jenderal TNI Dudung menyampaikan perjalanan karirnya di Militer, di awali dengan ketidakmampuan untuk kuliah sebagai mahasiswa sehingga ikut pelatihan akademi militer secara gratis sampai akhirnya lulus sebagai perwira TNI dari Akmil.

“Karier dan kenaikan pangkat hingga saat ini berkat doa dan dorongan orang tua utamanya ibu, dan berikutnya  karena selalu ringan tangan dan suka membantu sesama tanpa pamrih dan membedakan satu dengan yang lain, serta bersedekah atau saling membantu sesama karena dengan bersedekah  tidak akan mengurangi rezeki, dan tidak akan memiskinkan”, ungkap Jenderal TNI Dudung.

Pesan buat Generasi Milineal, bahwa zaman semakin berkembang pesat, generasi muda dengan spirit muda juga harus memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa, di era modern kita harus memberikan contoh-contoh yang baik, karena semua akan dilihat melalui sosial media, pesannya.

“Selebihnya Rektor Unitomo menambahi bahwa KASAD bisa menjadi contoh bagi generasi muda khususnya mahasiswa untuk menjadi contoh atau publik figur dari segala perjalanan karir atau hidupnya, khususnya dengan pengabdian kepada ibu dan doa dari ibu”, ujar Siti Marwiyah yang dikenal dengan pangilan Iyat.

Setelah acara talkshow fikom podcast, Kasad Jenderal TNI Dudung dengan di dampingi Rektor dan Dekan Fikom memberikan tulisan kesan pesan kepada Fikom Podcast Unitomo yang di tulis secara langsung dengan menitipkan pesan kata-kata : “Jadilah Mahasiswa yang Cinta Bangsa dan Negara” yang langsung di tanda tangani olehnya di sambung pemberian sertifikat penghargaan sebagai narasumber oleh Rektor unitomo dan dibalas oleh Kasad dengan memberikan buku beliau.

“Acara di akhiri juga dengan foto bersama Kasad dan Dekan bersama perwakilan civitas fikom unitomo, sebelum rombongan Kasad dan rektor meninggalkan Fakultas Ilmu Komunikasi Unitomo diiringi ucapan terima kasih dari Dr. Haliantara selaku Dekan Fikom kepada Jenderal TNI Dudung Abdurahman, “Salam hormat kami buat keluarga besar TNI AD dan Sukses selalu buat Bapak dalam karier dan keluarga,” ujar Harley. (Slow)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »