Berita Pimpinan

Fikom Unitomo Bergerak Menembus Batas

309
×

Fikom Unitomo Bergerak Menembus Batas

Sebarkan artikel ini

Fikom Unitomo News, Surabaya – Perkembangan dunia di seluruh aspek kehidupan yang terjadi saat ini menuntut kita semua untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan keadaaan. Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Dr. Soetomo Fikom Unitomo Surabaya juga terus melakukan upaya untuk dapat mengikuti arus perkembangan zaman, khususnya di bidang komunikasi.

Sejak mengalami peralihan tongkat estafet kepemimpinan pada Oktober 2021 lalu, fakultas yang berdiri pada 20 November 1984 ini terus melakukan terobosan-terobosan signifikan pada penyelenggaraan pendidikan untuk mendukung program Smart Campus.

Langkah-langkah yang ditempuh di antaranya merekrut dosen-dosen profesional dan dosen praktisi sekaligus meningkatkan kualitas dosen dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Beberapa di antaranya adalah Dr. Ari Junaedi, M.Si., Dr. Dhimam Abror Djurait, Dr (Cand). Rosnindar Prio Eko Rahardjo, M.I.Kom, Drs. Machmud Suhermono, M.I.Kom, M.IP, dan beberapa dosen profesional lainnya.

”Secara terus menerus fakultas melakukan up grade kemampuan semua dosen untuk meningkatkan skill literasi digital di era internet. Daya pemikir praktisi media ini yang diimplementasikan di dunia akademis. Di sisi lain secara manajerial saya membangun iklim komunikasi terbuka dengan metode problem solve,” terang Dekan Fikom Unitomo, Dr. Harliantara, M.Si.

Langkah lain yang dilakukan oleh Fikom Unitomo yakni melakukan perubahan dan pembenahan administrasi pengelolaan pendidikan berbasis digital, pembangunan laboratorium audio dan visual (radio dan televisi/podcast) yang menjadi tempat praktik mahasiswa, serta mengelola penyiaran radio swasta 101.1 Istara FM Surabaya.

Tidak berhenti di titik tersebut, Fikom Unitomo juga mengembangkan program vokasi dengan menggelar pelatihan marketing communication dan public speaking untuk mahasiswa dan umum, bekerjasama dengan berbagai pihak membangun ke-PR-an. Serta melakukan promosi secara integrasi di semua media sosial dengan kreatif grafis dan video kreatif.

Memiliki program studi Ilmu Komunikasi dengan konsentrasi media studies dan corporate communication, Fikom Unitomo telah menjalin kerjasama dengan beberapa institusi yang terkait. Di antaranya Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Timur yang ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Dekan Fikom Unitomo dan Ketua PWI Jawa Timur.

Kerjasama tersebut sebagai langkah turut menyukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Harapannya, dengan MoU tersebut mahasiswa lebih siap masuk dunia kerja usai lulus dari jenjang pendidikannya.

Buah kerja keras seluruh civitas academica Fikom Unitomo membuahkan hasil nyata ketika Dekan Fikom Unitomo menerima penghargaan pada acara Dies Natalis Unitomo ke-41 tahun 2022. Sebuah penghargaan yang sangat prestius sekaligus pengakuan terhadap langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Fikom Unitomo selama ini.

Keberhasilan tersebut semakin lengkap dengan kepemimpinan Dr. Harliantara, M.Si yang mau dan bersedia mendengar aspirasi sekitarnya ditambah dengan daya pikir filosofi yang matang untuk mengambil kebijakan-kebijakan strategis. (San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Translate »